Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bibit Bawang Merah Nganjuk

Bibit bawang merah Nganjuk, bibit pilihan para petani bawang.
Bawang merah merupakan jenis tanaman yang sering digunakan untuk bumbu masakan. Bawang merah telah menjadi komoditi perdagangan di banyak tempat karena memiliki tingkat permintaan yang cukup tinggi.


Bawang merah atau brambang mudah didapatkan dari pedagang sayur, pedagang bawang keliling, pasar, pengepul juga petani. Selain diperdagankan untuk bumbu, bawang merah juga diperdagangkan dalam bentuk bibit. Harga bawang merah yang digunakan untuk bibit biasanya lebih mahal dan memiliki harga bervariasi tergantung jenis dan trend pedagang.

Petani bawang merah yang berpengalaman sangat faham bahwa tidak semua wilayah dapat menghasilkan bibit bawang merah. Sehingga bawang merah terbagi menjadi kelas bumbu dan kelas bibit. Kelas bumbu tidak bisa untuk bibit dan kelas bibit bisa digunakan untuk bumbu. Jika dipaksakan menanam bawang merah kelas bumbu maka hasilnya kecil bahkan tidak panen



Salah satu penghasil bibit bawang merah adalah wilayah Nganjuk. Banyak petani dari berbagai wilayah telah menggunakan bibit bawang merah Nganjuk untuk ditanam dan menjadi langganan saat mempersiapkan musim tanam. Jenis bawang merah yang tersedia di Nganjuk antara lain Thailand yang biasa disebut Tajuk atau Thailand Nganjuk dan ada juga Bauci Manjung.

Bagi petani pemula terkadang merasa harga bibit lebih mahal jika dibanding bawang merah untuk bumbu. Bawang merah yang dipersiapkan untuk bibit perlu dijemur lebih lama agar tahan ketika disimpan dalam jangka waktu 3 sampai 5 bulan. Dalam prosesnya terjadi banyak penyusutan dan perlu perawatan yang cukup sulit.


Pengawasan terhadap penyimpanan perlu dilakukan secara rutin. Bibit yang busuk harus segera dipisahkan. Jika tidak dilakukan maka akan merusak bibit lainnya. Ketika stok banyak maka dibutuhkan biaya pemeriksaan dan perawatan lebih banyak. Salah satu kejadian nyata ketika bibit lima ton tanpa perawatan ketika diperiksa hanya tersisa 50 kg dalam kondisi baik sedangkan lainnya telah membusuk.

Contoh penyimpanan bawang merah yang dipersiapkan untuk bibit:




Dapatkan kebutuhan bibit bawang merah Bauci dan Tajuk dengan klik WA berikut