STADION WILIS MADIUN

Stadion Wilis Madiun
Stadion Wilis Madiun secara spesifik adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di Klegen, Kartoharjo, Madiun, Jawa Timur, Indonesia. Namun secara umum stadion wilis juga memiliki galanggang olahraga lainnya didalamnya seperti trmpat lari sprint, lompat, lempar. diluar itu berdekatan dengan arena basket badminton dan lain2. Lebih tepatnya lingkungan stadion wilis adalah sentra arena olahraga. Kapasitasnya berjumlah 25.000 tempat duduk. Stadion ini merupakan markas kesebelasan sepak bola asal Kota Madiun sampai sekarang ini, yakni PSM Madiun dan Madiun Putra FC.

Selain itu disekitar stadion Wilis Madiun juga banyak ruko dan menjadi tempat wisata sebab pada jam tertentu banyak berderet aneka penjaja kaki lima dan kadang jadi tempat gelaran musik atau kampanye.

Nama Wilis diambil dari sebuah gunung api yang berlokasi di sebalah tenggara Kota Madiun yang merupakan perbatasan 6 Kabupaten yaitu, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Kediri, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, dan Kabupaten Madiun dengan puncak tertinggi di kawasan Bajulan, Kec. Kare, Kab. Madiun.

Stadion Wilis Madiun dibangun mulai tahun 1999 dengan biaya 77 miliar lebih. Pada tahun 2005, stadion ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, saat pembukaan digelar pertandingan kompetisi Divisi Satu Liga Indonesia tahun 2005, antara PSM Madiun 1929 dengan PSPS Pekanbaru dengan kemenangan 4–2 dari PSM Madiun.